Penggunaan Bunga Kaktus Mini yang Benar untuk Hiasan Rumah

Banyak yang tidak tahu penggunaan bunga kaktus mini yang benar sehingga memperburuk tampilan rumah. Berikut penjelasan terkait peletakan kaktus mini yang benar.

Banyak orang yang suka memelihara kaktus karena bentuknya yang unik dan perawatannya yang sangat mudah. Anehnya, beberapa rumah yang dihiasi bunga kaktus mini justru terlihat monoton. Hal ini disebabkan karena peletakan dan penggunaannya yang kurang tepat.

Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk memelihara tanaman gurun ini, sebaiknya Anda memperhatikan jenis kaktus yang sesuai kondisi rumah. Selain itu, beberapa perlengkapan kaktus juga harus sesuai dengan peletakannya.

Penggunaan Bunga Kaktus Mini

Bunga kaktus yang tumbuh di daerah asalnya memiliki ukuran yang sangat tinggi dan besar. Namun, di Indonesia tanaman ini banyak distek dengan bentuk kecil-kecil dan digemari semua kalangan, khususnya anak-anak.

Secara umum, bunga kaktus berukuran kecil digunakan di rumah minimalis untuk menghiasi ruangan kosong yang letaknya strategis. Misalnya, pada jendela kamar ataupun jendela kecil di bagian belakang rumah.

Bunga kaktus yang mungil ini juga sering dijadikan pajangan di kamar anak. Tujuannya agar anak belajar bertanggung jawab terhadap tanaman kaktus yang dimiliki.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini kaktus mini juga digunakan sebagai alat penunjang kesehatan. Ini terbukti dari kelebihan kaktus yang bisa menghasilkan oksigen mulai dari pagi sampai malam hari. Dengan begitu, penggunaannya tidak hanya untuk hiasan namun juga untuk kesehatan.

Jenis Bunga Kaktus Mini serta Penggunaannya

Untuk mempermudah Anda dalam menyesuaikan penggunaan kaktus sebagai hiasan rumah, tentu harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis bunga kaktus mini. Berikut adalah beberapa jenis bunga kaktus berukuran kecil yang bisa dicoba untuk dipelihara di rumah.

1. Kaktus Bola atau Parodia

Kaktus bola adalah jenis kaktus yang paling banyak ditemui dan dipelihara semua kalangan. Sesuai namanya, batang kaktus parodi berbentuk bulat menyerupai bola. Bagian atasnya biasanya terdapat bunga kecil, ada yang berwarna merah ataupun kuning.

Kaktus ini memiliki bentuk yang paling sederhana dan bisa diletakkan di sisi jendela anak atau di sudut meja belajarnya.

2. Kaktus Telinga Kelinci

Bentuk kaktus ini menyerupai telinga kelinci, sehingga ukurannya agak tinggi dan memiliki dua batang berlapis. Tanaman kaktus ini juga memiliki bintik-bintik kuning yang membuat tampilannya lebih menarik.

Karena bentuknya tinggi memanjang, penggunaannya lebih bagus untuk rumah bagian luar. Misalnya di teras atau halaman terluar rumah. Kalaupun ingin meletakkannya di kamar, lebih baik ditaruh di atas meja berukuran besar untuk menghindari kaktus roboh.

3. Kaktus Jari

Keunikan dari kaktus mini ini terletak pada bentuknya yang menyerupai kumpulan jari-jari tangan. Bahkan dalam satu tanaman kaktus, terdapat belasan hingga puluhan jari yang bergerombol. Jenis kaktus ini sangat mudah dikembangbiakkan dengan distek.

Kaktus jari bisa digunakan untuk menghiasi segala ruangan dalam rumah. Tetapi tanaman ini paling cocok diletakkan di halaman, agar ketika jarinya berguguran bisa membentuk tanaman kaktus baru.

4. Kaktus Nenek

Disebut kaktus nenek karena rambut halus dari tanaman kaktus ini berwarna putih seperti nenek. Tampilan kaktus yang cantik ini membuat harganya agak mahal, sehingga harus diletakkan di tempat yang aman.

Bisa untuk menghiasi sudut halaman depan rumah, atau diletakkan bergerombol di teras. Meskipun bagus untuk hiasan ruangan, kaktus ini kurang cocok diletakkan di kamar.

5. Kaktus Fairy Castle

Terdiri dari gerombolan batang kaktus yang memanjang dan memiliki tinggi berbeda. Perpaduan banyak batang dalam satu tanaman ini membuatnya terlihat seperti istana atau castle putri raja di dunia dongeng.

Meskipun kecil, kalau terkena sinar matahari yang cukup batang kaktus akan terus memanjang. Jadi, lebih cocok digunakan untuk menghiasi teras rumah di bagian depan.

6. Kaktus Centong

Kaktus centong sebenarnya tergolong jenis kaktus yang sudah lama tersebar di Indonesia. Saat tidak berbunga, tampilan kaktus ini memang terlihat biasa. Tetapi keindahannya baru terlihat saat kaktus mulai berbunga dengan ukuran agak besar.

Kalau ukuran batang kaktus lebar dan tinggi, peletakannya lebih bagus di halaman rumah. Sementara pada batang kaktus yang kecil, bisa digantung pada dinding halaman rumah dengan menggunakan pot.

7. Kaktus Koboi

Jenis kaktus ini memiliki bentuk yang paling sederhana. Ketika dipelihara di bawah sinar matahari yang cukup, tanaman ini bisa tumbuh sangat tinggi hingga mencapai 1 meter.

Untuk menggunakan kaktus sebagai hiasan dalam rumah, bisa memilih yang ukurannya pendek dengan pot kecil. Ukuran pot yang besar bisa membuat akar kaktus berkembang dan tanaman  tumbuh tinggi.

Perlengkapan Bunga Kaktus Mini

Selain memperhatikan jenis kaktus yang sesuai dengan kondisi ruangan, ada beberapa perlengkapan kaktus yang bisa digunakan untuk memperindah tampilannya. Berikut adalah beberapa perlengkapan yang harus digunakan dalam memelihara kaktus mini agar terlihat lebih indah.

1. Pot Bunga Kaktus Mini

Walaupun kaktus bisa tumbuh tanpa pot, tetapi peletakannya langsung pada pasir atau tanah justru terlihat kurang praktis dan menarik. Terlebih kaktus ini berukuran mini, sehingga rentan terinjak jika  tidak diberikan tempat khusus.

Pemilihan pot untuk kaktus mini tentu berbeda dengan tanaman pada umumnya. Ada beberapa model pot berukuran mini yang sangat cocok dipadukan dengan tanaman kaktus, yaitu:

  • Pot kaktus plastik berbentuk bola warna-warni.
  • Pot terracotta dengan karakter lucu.
  • Pot gerabah mini.
  • Pot kaktus berbentuk heksagonal.
  • Pot bunga kotak untuk kaktus mini yang berukuran panjang.
  • Pot kaktus tawon berwarna putih.

2. Rak Bunga Kaktus Mini

Kalau memiliki kaktus dengan jumlah yang cukup banyak, akan lebih cantik dipajang menggunakan rak khusus tanaman kaktus. Selain praktis dan bisa dipindah, rak juga bisa membantu pemiliknya untuk menghemat lahan yang luasnya terbatas.

Beberapa model rak bunga kaktus minimalis yang cocok digunakan adalah:

  • Rak kaktus besi berlubang, dengan model bertingkat.
  • Rak kaktus dinding untuk memajang tanaman bersusun di dinding.
  • Rak kaktus kayu model tangga.
  • Rak kaktus besi ulir warna tembaga keemasan.

Bunga Kaktus Mini Harga

Tanaman kaktus yang mudah dibudidayakan dengan cara distek ini sebenarnya memiliki harga yang cukup terjangkau. Terlebih jika kaktus yang dipilih memiliki ukuran mini. Tingginya harga kaktus biasanya dilatarbelakangi oleh kelangkaannya.

Berikut adalah tabel harga berbagai jenis kaktus yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum membelinya untuk hiasan di rumah.

Jenis Kaktus Kisaran Harga
Kaktus Bola Salju Rp40.000,00 – Rp50.000,00
Kaktus Telinga Kelinci Rp85.000,00 – Rp90.000,00
Kaktus Fairy Castle Rp45.000,00 – Rp50.000,00
Euphorbia Enopla Rp20.000,00 – Rp25.000,00
Kaktus Nenek Rp75.000,00 – Rp80.000,00
Kaktus Jari Rp20.000,00 – Rp25.000,00
Kaktus Koboi Rp28.000,00 – Rp30.000,00
Kaktus Centong Rp25.000,00 – Rp35.000,00

Berdasarkan tabel di atas, kisaran harga tanaman kaktus mini murah dan sangat terjangkau. Bahkan jika membeli kaktus yang ukurannya jauh lebih kecil, harganya bisa jauh lebih murah dari tabel di atas.

Walaupun terlihat sepele, namun penggunaan bunga kaktus mini yang sesuai kondisinya sangat penting untuk meningkatkan estetika rumah. Selain itu, pemilihan segala perlengkapan kaktus bisa menambah keindahannya, walaupun bentuk kaktus yang dipelihara tergolong sederhana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 14 =