Inilah Beragam Jenis Bunga Sri Rejeki yang Wajib Dikoleksi

Kalau Anda penggemar tanaman, maka wajib mengoleksi beragam bunga sri rejeki. Ada banyak jenis sri rejeki yang harus dikoleksi seperti dalam artikel ini.

Demi menghindari rasa bosan di rumah selama masa pandemi, banyak orang yang mulai menekuni hobi koleksi tanaman hias. Salah satu tanaman hias yang paling banyak diminati semua kalangan adalah aglaonema atau bunga sri rejeki.

Tanaman hias ini memiliki daya tarik dari keindahan daunnya yang sangat beragam. Selain itu, jumlahnya yang semakin langka justru membuat banyak orang berlomba-lomba mendapatkan aglaonema tersebut untuk meningkatkan gaya hidup di halaman rumah.

Bunga Sri Rejeki

Sri rejeki adalah salah satu jenis tanaman hias berupa daun yang bisa berbunga. Tanaman ini memiliki kelebihan dari bentuk daunnya yang unik, hingga motif pada permukaannya. Sri rejeki yang memiliki nama ilmiah aglaonema ini termasuk jenis tanaman yang tidak berkayu.

Dinamai tanaman sri rejeki karena sesuai dengan mitos yang berkembang di masyarakat, di mana tanaman ini dianggap membawa rejeki bagi pemiliknya. Bahkan di China tanaman aglaonema dikenal sebagai tanaman pembawa hoki.

Beruntung tanaman langka ini bisa tumbuh dengan baik di hutan hujan tropis. Jadi, musim di Indonesia sangat cocok untuk budidaya tanaman ini.

Walaupun cocok ditanam di Indonesia, tumbuhan sri rejeki saat ini semakin langka. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor tingginya harga sri rejeki sampai saat ini.

Macam-Macam Sri Rejeki Berdasarkan Warnanya

Sri rejeki memiliki banyak jenis, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mengoleksi semua spesiesnya cukup lama. Cara termudah untuk membedakan jenis-jenis sri rejeki bisa dengan melihat warnanya yang juga beragam seperti berikut ini.

1. Bunga Sri Rejeki Putih

Tanaman sri rejeki ini memiliki warna putih yang mendominasi, atau sebagai gradasi saja. Jenis aglaonema putih ini cukup diminati karena jumlah tanaman daun yang memiliki warna putih di Indonesia cukup langka.

Beberapa jenis tanaman sri rejeki putih adalah:

  • Sri Rejeki Silver King

Yakni jenis sri rejeki yang memiliki warna dasar hijau. Pada bagian tengahnya terdapat bercak putih agak silver yang memiliki pola menyirip.

  • Sri Rejeki Widuri Putih

Yaitu jenis aglaonema yang memiliki warna dasar putih dominan. Pada bagian pinggirnya ada sedikit warna hijau. Bentuk daun sri rejeki ini agak bulat dengan ukuran yang cukup besar.

  • Aglaonema Pictum

Termasuk dalam jenis sri rejeki yang langka dan memiliki harga puluhan juta. Warna dasarnya putih, dihiasi bercak-bercak hijau. Bentuk daun tidak terlalu lebar dan lebih memanjang.

  • Aglaonema Snow White

Sesuai namanya, motif putih pada daun tanaman ini mirip dengan salju yang turun. Ada sedikit warna hijau pada tulang daunnya dan bercak hijau sebagai motifnya.

  • Sri Rejeki Sparkle Blanceng

Mirip dengan jenis aglaonema snow white, hanya saja bentuk daunnya lebih bulat dan lebar. Tidak memanjang seperti sri rejeki snow white.

2. Bunga Sri Rejeki Hijau

Sri rejeki hijau juga memiliki banyak jenis. Kelebihan aglaonema jenis ini biasanya terletak pada warna daunnya yang berkilau. Sri rejeki dengan warna dominasi hijau juga banyak yang dijual dengan kisaran harga yang lebih murah. Beberapa jenis sri rejeki hijau adalah:

  • Sri Rejeki Rotundum

Tanaman daun ini lebih mungil dengan ukuran daun yang lebih kecil dan membulat. Dari kejauhan, tulang daunnya terlihat agak kemerahan. Jika dirawat dengan baik, permukaan daun akan terlihat berkilau dan sangat cantik.

  • Sri Rejeki Dona Carmen Green

Dari segi bentuknya, sekilas mirip sri rejeki rotundum. Perbedaannya terdapat pada bercak putih menyerupai bintik-bintik kecil pada seluruh bagian daun.

  • Sri Rejeki Pictum

Sri rejeki hijau jenis ini tergolong cukup mahal. Daunnya kecil memanjang, dengan posisi yang agak berjarak antara daun yang satu dengan lainnya. Daun ini memiliki gradasi warna hijau tua dan hijau muda. Batangnya lebih keras dibanding jenis aglaonema lainnya.

  • Sri Rejeki Pedang

Sesuai namanya, daun tanamannya menyerupai pedang yang memanjang. Batang tanamannya sangat lunak dan memiliki warna putih.

3. Bunga Sri Rejeki Merah

Warna terakhir yang dimiliki oleh jenis tanaman sri rejeki adalah merah. Sama dengan warna putih, tanaman yang memiliki daun merah juga terbilang sangat sedikit. Oleh sebab itu, jenis sri rejeki yang berwarna merah juga wajib dikoleksi di halaman.

Beberapa jenis sri rejeki merah adalah:

  • Sri Rejeki Red Penus

Daun sri rejeki ini didominasi oleh warna merah tua yang berkilau. Tetapi pada bagian pinggirnya tetap ada sedikit warna hijau yang membuatnya terlihat lebih cantik. Kisaran harga sri rejeki yang unik ini masih tergolong murah karena mudah didapatkan.

  • Sri Rejeki Red Stardust

Berbeda dengan jenis red penus yang memiliki warna merah full pada bagian tengah daunnya. Sri rejeki red stardust memiliki warna merah yang berupa bercak-bercak renggang. Ada perpaduan sedikit bercak hijau pada bagian tengah daun yang berbentuk membulat.

  • Sri Rejeki Red Catrina

Sekilas bentuk daun ini menyerupai daun kakao atau cokelat. Hanya saja batangnya pendek seperti tanaman sri rejeki pada umumnya. Warna yang mendominasi juga merah seutuhnya pada bagian tengah. Sementara pinggirnya ada sedikit warna hijau.

  • Sri Rejeki Lipstik Merah

Nama lipstik merah memang cocok disematkan pada jenis sri rejeki yang lebih dikenal sebagai siam aurora ini. Namanya merujuk pada desain daun yang menyerupai lipstik, yakni bagian tengahnya berwarna hijau sedangkan pinggirannya berwarna merah.

  • Sri Rejeki Pride of Sumatra

Dibandingkan jenis sri rejeki merah lainnya, jenis ini tergolong paling mahal. Keunikannya terletak pada bagian dasar daun yang berwarna hijau tua kehitaman. Sementara tulang daun dan batangnya berwarna merah.

Bunga Sri Rejeki Air

Sri rejeki ini bukan berarti tergolong tanaman air asli. Hanya saja, tanaman ini termasuk dalam jenis tumbuhan yang bisa ditanam menggunakan media air. Cara menanamnya adalah dengan mengambil batang sri rejeki dengan daunnya tanpa akar.

Selanjutnya tanaman ini bisa dipindah pada air yang sudah diberikan nutrisi cukup sebagai pengganti unsur hara dalam tanah. Namun sebagai percobaan, gunakan jenis sri rejeki yang memiliki harga murah agar tidak rugi saat tanaman mati dalam air.

Harga Bunga Sri Rejeki Asli Berdasarkan Jenisnya

Untuk mendapatkan berbagai jenis sri rejeki yang terkenal ini, Anda harus rela merogoh puluhan hingga jutaan rupiah. Berikut kisaran harga tanaman sri rejeki yang bisa menjadi tolak ukur sebelum membeli.

Warna Jenis Kisaran Harga
Putih Rejeki Silver King Rp100.000,00 – Rp130.000,00
Putih Widuri Putih Rp2.100.000,00 – Rp2.250.000,00
Putih Pictum Rp499.000,00 – Rp510.000,00
Putih Snow White Rp30.000,00 – Rp35.000,00
Hijau Rotundum Rp30.000,00 – Rp35.000,00
Hijau Dona Carmen Green Rp200.000,00 – Rp225.000,00
Hijau Pedang Rp30.000,00 – Rp35.000,00
Merah Red Penus Aglo Rp200.000,00 – Rp250.000,00
Merah Red Stardust Rp145.000,00 – Rp155.000,00
Merah Red Catrina Rp220.000,00 – Rp235.000,00
Merah Pride of Sumatra Rp580.000,00 – Rp600.000,00

Bunga sri rejeki yang memiliki banyak spesies memang patut dijadikan bahan koleksi di rumah. Selain warna dan bentuknya yang beragam, sri rejeki juga baik untuk menyegarkan kembali udara yang kotor. Manfaat ini sangat berguna untuk kesehatan dibalik harganya yang cukup mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − five =